Tips Sehat Dengan Makan Makanan Berprotein

Dewasa ini masayarakat makin melek terhadap kesehatan. Mulai dari masyarakat kota hingga masyarakat desa begitu memperhatikan yang namanya kesehatan tubuh. Mereka tidak ingin ketinggalan satu informasi pun mengenai bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap bugar.

Makanan Berprotein
Pict: FreeImage.com
Banyak alasan yang melatar belakngi masyarakat menjaga kesehatannya. Salah satunya adalah untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Seperti yang kita ketahui, makin hari tekanan hidup kian meningkat. Entah itu beban kerja di kantor, beban kerja di pertanian dan lain sebagainya.

Tak hanya menunjang aktivitas sehari-hari, masayarakat yang peduli terhadap kebugaran tubuhnya sangat ingin bisa menikmati hari-hari tuanya bersama anak cucu yang menjadi penerus keluarganya kelak. Oleh karena itu, usaha untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap sehat tidak bisa dihindari. Mereka harus berusaha bagaimana agar hal itu bisa terwujud.

Oleh karena alasan itulah, saat ini kita akan membedah tips bagaimana hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan sehat bagi tubuh kita. Makanan seperti apa yang akan kita diskusikan sekarang? So, let’s read ..

Tubuh manusia pada dasarnya memerlukan bermacam jenis gizi agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu gizi tersebut adalah protein. Protein dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Hanya saja, beberapa diantara kita mungkin masi belum mengetahui hal itu.

Pada tulisan ini, kita akan intens pada empat hal. Diantaranya, apa itu protein, bagaimana fungsi protein bagi tubuh, jenis-jenis protein dan apa saja makanan yang mengandung protein yang baik bagi tubuh manusia.

Kita mulai dari yang pertama, Protein ..

#1. Protein

Protein adalah salah satu zat gizi makro yang dibentuk dari berbagai unsur seperti unsur karbon(C), Hidrogen(H), oksigen(O) dan nitrogen(N). Selain unsur utama pembentuk protein tadi, protein juga dapat dibentuk dari tambahan zat seperti belerang dan fosfor.

#2.Fungsi Protein Bagi Tubuh

Pernahkah anda mengalami luka? Rasanya pernah pasti. Entah intu karena terjatuh atau karena hal yang disengaja lainnya yang membuat bagian tubuh tertentu anda rusak atau luka.

Luka yang disebabkan kecelakaan tersebut akan kering atau sembuh dalam beberapa hari, bukan? Kesembuhan yang anda dapat tadi adalah berkat peran protein dalam tubuh. Fungsi protein dalam tubuh manusia adalah memperbaiki sel-sel maupun bagian tubuh yang rusak.

Contoh di atas menegaskan fungsi protein dalam tubuh manusia tidak bisa dianggap remeh. Bagaimana jika seandainya tubuh anda kekurangan protein? Hal yang tentu tidak mungki anda inginkan pastinya. Anda akan sulit sembuh dari luka yang anda alami jika hal tersebut terjadi.

Jadi, bisa kita katakan bahwa fungsi protein dalam tubuh itu penting. Ini dikarenakan protein tersebut membantu pembentukan dan regenerasi sel-sel tubuh yang sedang tumbuh maupun rusak karena hal tertentu.

#3. Jenis-Jenis Protein

Berdasarkan sumber protein yang terkandung dalam makanan, protein di terbagi dalam dua jenis. Pertama protein nabati dan yang kedua protein hewani. Bagaimana penjelasan dari kedua jenis protein tersebut ?

- Protein Nabati : Protein jenis pertama ini berasal dari tumbuh-tumbuhan. Ada kabar yang bilang bahwa protein nabati mutunya sedikit lebih di bawah protein hewani. Akan tetapi, bukan berarti protein nabati tidak memiliki keunggulan dari protein hewani.

Apa keunggulan protein jenis pertama ini ?

Keunggulan protein jenis pertama ini terletak pada kandungan lemak tak jenuh yang dikandungnya. Dibandingkan protein hewani, protein nabati mempunyai kandungan lemak tak jenuh lebih tinggi. Selain lemak tak jenuh yang tinggi, protein nabati juga mengandung isoflavon, antioksidan, dan antikolesterol.

- Protein Hewani : Dari namanya saja anda bisa tahu bahwa jenis protein kedua ini berasal dari hewan. Mutu dari protein hewani lebih baik dari protein nabati. Walaupun begitu mutu yang bagus tersebut juga diikuti oleh kekurangannya, yaitu mengandung kolesterol yang lumayan tinggi.

Pertanyaannya, manakah jenis protein yang paling baik untuk dikonsumsi?

Pada dasarnya, kedua jenis protein di atas sama-sama memberikan manfaat bagi kesehatan. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Alangkah baik apabila kita mengkonsumsi dua jenis protein, nabati dan hewani, secara seimbang. Dengan kata lain, keduanya sama-sama dikonsumsi agar kita mendapatkan kebaikan manfaat dari dua jenis protein tersebut.

#4. Makanan yang Mengandung Protein

Setelah mengetahui tiga hal mengenai protein di atas, saatnya kita mengenal makanan apa saja yang mengandung protein yang sehat untuk tubuh manusia. Tubuh memerlukan asupan protein hewani sebanyak 70-160 gram (daging). Sementara untuk protein nabati, asupan protein yang dibutuhkan manusia antara 100-400 gram (tempe-tahu).

Di bawah ini adalah beberapa contoh makanan yang mengandung protein. Anda tidak perlu risau kemana mencarinya. Karena semua makanan ini mudah dijumpai setiap hari. Berikut Lima makanan berprotein yang bisa anda kenali.

Telur 

Siapa yang tidak tahu telur. Pasti semua sudah tahu. Protein dalam sebuah telur terdapat pada kuning dan putih telurnya. Pada telur ayam, kuning telur ayam mengandung 16,3 gram protein, sedangkan pada putih telurnya 10,8 gram protein. Cukup banyak, bukan! Proteinnya.

Susu 

Susu merupakan makanan yang mudah ditemukan pula. Kandungan protein dalam susu cukup besar. Protein yang dikandung oleh susu bergantung pada jenis susu itu sendiri. Antara susu kedelai dengan susu hewani memiliki kandungan protein yang berbeda.

Pada 100 gram susu kedelai (protein nabati) mengandung 3,5 gram protein. Sedangkan pada susu hewani, contohnya susu kambing, per 100 gram nya mengandung 4,5 gram protein. Beda lagi dengan protein yang dikandung dalam susu kerbau. Dalam 100 gram susu kerbau mengandung 6,3 gram protein.

Yogurt 


Makanan satu ini juga memiliki kandungan protein (hewani) yang bagus untuk kesehatan. Yogurt adalah makanan yang disilkan dari fermentasi susu yang mengandung banyak nutrisi dan baik bagi pencernaan. Dalam 100 gram yogurt terdapat 3,3 gram protein. Lumayan, kan untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh dengan menkonsumsinya.

Terdapat lima jenis yougurt yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi, seperti Greek yogurt, Frozen yogurt, Plain yogurt, Yogurt cair, dan dadiah. Dari kelima jenis yogurt tersebut greek yogurtlah mempunyai kandungan protein paling tinggi.

Greek yogurt yang tingggi protein diproses melalui beberapa kali penyaringan untuk mendapatkan tekstur yang kental dan lebih mengenyangkan. Sedangkan yogurt biasa teksturnya tidak demikian. Greek yogurt sendiri banyak jenisnya, silahkan baca selengkapnya mengenai yogurt ini di maszain.com.

Kacang-kacangan 

Dalam kacang-kacangan mengandung protein nabati. Pada kacang kedelai, kandungan proteinnya mancapai 40,4 gram per 100 gram nya. Tinggi sekali. Selain kacang kedelai ada pula kacang hijau, kacang tanah, kacang merah, kacang arab, dan kacang tolo.

Dalam 100 gram kacang hijau, sampai kacang tolo yang telah disebutkan tadi, memiliki protein sebesar 22,2 gram, 27,9 gram, 11 gram, 23,8 gram, dan 24,4 gram. Jadi, kacang mana yang menjadi pilihan protein nabati untuk kesehatan anda? Pilihan ditangan anda. Semua kacang-kacangan tersebut baik untuk kesehatan tubuh serta enak dikreasikan dalam masakan anda.

Serelia 

Pernahkah anda mendengar kata serelia? Ya, serelia adalah makanan yang mengadung protein nabati dan mudah ditemukan. Makanan yang tergolong dalam serelia adalah beras, jangung, havermount, kentang,singkong dan ubi.

Walaupun kandungan protein dalam serelia tak sebanyak berbagai makanan yang telah disebutkan di atas, protein dalam serelia tetap bisa menjadi alternatif sumber gizi bagi tubuh anda. Variasi makanan dari serelia juga akan membuat nafsu makan naik.

Pernahkah anda makan masakan pohong dari singkong?

Saya sendiri pernah membeli makanan ini dulu. Rasanya enak dan mengenyangkan pula. Jika dipikir-pikir, pohong ini cocok bagi anak kost yang tingal merantau jauh dari keluarga. Karena dengan mengkonsumsi 1 paket pohong saja, bisa membuat tahan lapar setengah hari. Tak hanya itu, tadi pun kita juga sudah tahu bahwa singkong(serelia) merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh.

Buat apa lagi sukar mengkonsumsi jenis makanan dari serelia. Buktinya, olahan serelia mampu menjadi rujukan makanan sehat bagi survival (contohnya saya tadi).

Bagi anda yang masih penasaran pada jumlah kandungan protein dalam serelia, berikut jawabannya :

  • Singkong, 1,2 gram
  • Jagung kuning, 9,8 gram
  • Havermout, 14,2 gram
  • Kentang, 2 gram
  • Ubi jalar merah, 1,8 gram
  • Beras pecah/beras merah, 7,4 gram

Nah, itulah kelima makanan kaya protein yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Dengan memakan makanan yang mengandung protein secara baik, maka tubuh anda akan lebih prima dan bersemangat dalam beraktivitas.

Protein akan membantu tubuh dalam menyusun kembali sel-sel yang rusak karena beberapa kecelakaan yang mungkin dialami oleh anda. Disengaja atau tidak, kecelakaan tersebut tentu akan membuat bagian tubuh terluka. Dalam keadaan inilah peran sentral protein sebagai senyawa pembangun sel tubuh manusia berperan. Jadi, jangan lupa penuhi kebutuhan protein tubuh guna menjaga kesehatan dan menunjang aktivitas kita sehari-hari. Sekian, semoga bermanfaat.
Skin Care Moisturizer Cream
The use of skin care moisturizer creams is on the rise. More and more people are trying to find a way to put an end to premature aging, or slow the process of it happening all together. Unfortunately, we are all going to age, and at some point, we will show the signs of aging through wrinkles and other effects on our skin.The good news is, we don't have to let it happen right now or any time soon. There are many skin care moisturizer creams that have proven to reduce dryness and wrinkles in the skin. This makes many people appear to be younger than they really are. Better yet, people that start to use a skin care moisturizer cream at an early age often don't see the affects of premature aging until years after those that don't use skin care moisturizer creams.One of the most important parts of life is to be happy, right? Unfortunately, for some people being happy is hard to do if they are worrying about their appearance. More specifically, if they are worried about the wrinkles and the dryness of the skin on their face, hands, and other parts of their body that are routinely visible.While some people don't see the point in using skin care moisturizer creams to stop premature aging, it is for the most part not only widely accepted, but also recommended by beauticians and even some medical professionals.

clear skin, acne facial, body acne, best skin care products, acne clear, japanese skin care, facial products, what causes acne, oily skin, careline, anti wrinkle cream, anti aging skin care, anti aging eye cream, anti aging serum, simple skin care, face moisturizer, skin store, sephora skin care, acne treatments, saggy skin, acne skin, acne cleanser, skincare for dry skin, dry skin cream, basic skin care, products for dry skin, acne skin care products, lotion for dry skin, dermalogica skin care, skin care sets, acne skin care, botanics skin care, aloe vera skin care, collagen skin care, vitamin c skincare, avene skin care, acne cure, best face cream, garnier skin care, exposed skin care, origins skin care, private label cosmetics, korean skin care, collagen cream.

Through the use of skin care moisturizer creams, people are able to delay getting those annoying and unsightly aging wrinkles that often appear on their foreheads, under their eyes, and on other places on their body. By delaying these things, they are able to appear to be younger than they really are, which in turn in many cases gives them a better quality of life, which should be the ultimate goal for everyone.There are a ton of different skin care moisturizer creams on the market, and they all work differently for different people. This is because everyone's skin is different, so the ingredients in the sin care moisturizer cream react in different ways.The best way to "find the winner" is to try out as many different brands as you can. One way to do that is to take advantage of all of the free trial offers that exist. Companies will offer a free trial as a way to get people to try their product, if they like it, they continue to use it which in turn gives the skin cream company a steady and repeat customer. So, take advantage of the offers that are out there, save yourself some cash, and find a skin cream moisturizer cream that works for you.

wrinkles, cosmetics, face mask, skin care, eye cream, skin moisturizer, face moisturizer, anti aging, anti wrinkle, moisturizer, moisturizing, dry skin, sensitive skin, cosmetic brands, facial cleanser, skin care routine, lotion, skin care products, face cream, skin care brands, cleanser, smooth skin, facial treatment, acne cream, peeling skin, men's skin care, beauty products, acne scars, skin beauty, beautiful skin, caring skin, acne scar treatment, skin care tips, moisturizer for dry skin, skin care regimen, best acne treatment, acne treatment, skin repair, best anti aging cream, glowing skin, best eye cream for wrinkles, acne prone skin, acne removal, anti aging cream, eye wrinkles, organic skin care.

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Tips Sehat Dengan Makan Makanan Berprotein"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel